100% Seru Dan Terupdate

http://www.infoduniakesehatan.com/

Usia Berapa Perempuan Mulai Menstruasi?

Usia Berapa Perempuan Mulai Menstruasi? - Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan wanita yang terjadi selama 3-7 hari pada periode 28 hari setiap bulannya. Semua wanita akan mengalami menstruasi sejak usia anak-anak atau remaja.

Memiliki anak perempuan apalagi yang beranjak remaja akan sedikit menyulitkan dibanding memiliki anak laki-laki. Mengapa demikian? Karena anak perempuan akan mengalami yang namanya menstruasi atau haid pada usia tertentu saat beranjak remaja. Letak kesulitannya adalah kita harus menjelaskan berbagai hal yang ia alami selama masa pubertas, termasuk soal menstruasi.

Waktu menstruasi pertama kali pada setiap anak dapat berbeda-beda. Ada yang mengalaminya saat usia dibawah belasan tahun, dan ada juga yang mengalaminya saat usia memasuki belasan tahun. Menstruasi menunjukkan bahwa usia fisik dan seksual si anak sudah matang. Dan oleh sebab itu, Anda tidak perlu ragu untuk menjelaskan masalah menstruasi pada anak Anda.

Lalu, Usia Berapa Anak Perempuan Mulai Menstruasi?


Kebanyakan perempuan akan mengalami haid atau menstruasi pertama saat usia memasuki 10-16 tahun. Dan jika anak Anda tidak kunjung haid pada usia diatas 16 tahun, maka hal itu dapat menandakan adanya gangguan pada siklus menstruasinya. Jika hal tersebut menimpa anak Anda, segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

Seperti yang telah disebutkan diatas, waktu menstruasi pertama pada setiap anak perempuan tidak akan sama. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Faktor genetik
  • Faktor ras
  • Faktor lingkungan

Ada beberapa fakta yang mengiringi terjadinya menstruasi pertama pada anak perempuan. Pada umumnya, menstruasi pertama terjadi 2 tahun atau lebih setelah payudaranya tumbuh, dan 4 hingga 6 tahun setelah rambut di ketiak dan kemaluannya tumbuh. Menstruasi pertama pada anak perempuan biasanya berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21 hingga 45 hari.

Anda sebagai orang tua harus senantiasa membimbing dan mengawasi anak Anda selama masa menstruasi pertama dan menjelaskan kepadanya apa saja yang berhubungan dengan menstruasi. Hal itu bertujuan agar anak Anda tidak merasa malu untuk bertanya pada Anda tentang kondisi yang dialaminya. Dengan begitu, masa menstruasi anak Anda akan menjadi lebih lancar.

Baca juga:

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Usia Berapa Perempuan Mulai Menstruasi?"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik. Tidak diizinkan meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Back To Top